Perilaku organisasi

  • Manajemen

Manajemen adalah sebuah proses yang dilakukan seseorang dalam mengatur kegiatan yang dikerjakan individu atau kelompok. Sistem atau manajemen harus dilakukan untuk memenuhi target yang akan dicapai oleh individu atau kelompok tersebut dalam sebuah kerjasama dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada.

  • Manajer
Manajer adalah individu yang bertanggung jawab untuk mengelola, mengarahkan, dan mengawasi kegiatan dalam suatu organisasi atau tim kerja.

  • Peran-peran manajemen
  1. Interpersonal roles yaitu peran ini melibatkan hubungan antara manajer dan orang lain di tempat kerja.
  2. Information roles. Peran ini melibatkan manajer mencari informasi yang berkaitan dengan organisasi dan, mencari perubahan yang relevan di lingkungan serta memantau tim, baik dari segi produktivitas, maupun kesejahteraan mereka.
  3. Delisional roles. Peran ini melibatkan manajer membuat dan mengontrol perubahan dalam organisasi seperti memecahkan masalah, menghasilkan ide-ide baru, dan menerapkannya.
  • Keterampilan manajemen
  1. Keterampilan kinerja ( conceptual skills ).           Manajer tingkat atas (top manager) harus memiliki keterampilan untuk membuat konsep,ide, dan gagasan demi kemajuan organisasi. Gagasan atau ide serta konsep tersebutkemudian haruslah dijabarkan menjadi suatu rencana kegiatan untuk mewujudkan.
  2. Keterampilan berhubungan dengan orang lain (humanity skills).                                          Komunikasi yang persuasif harus selalu diciptakan olehmanajer terhadap bawahan yang dipimpinnya. Dengan komunikasi yang persuasif,bersahabat, dan kebapakan akan membuat karyawan merasa dihargai dan kemudianmereka akan bersikap terbuka kepada atasan. Keterampilan berkomunikasi diperlukan,baik pada tingkatan manajemen atas, menengah, maupun bawah.
  3. Keterampilan teknis ( technical skill )                                              keterampilan ini pada umumnya merupakan bekal bagi manajer pada tingkat yang lebihrendah. Keterampilan teknis ini merupakan kemampuan untuk menjalankan suatupekerjaan tertentu, misalnya menggunakan program komputer, memperbaiki mesin,membuat kursi, akuntansi dan lain.
  • Kinerja
Faktor yang mempengaruhi kinerja 
1. Usia
2. Jenis kelamin
3. Ras
4. Etnis
5. Kemampuan
  • Fungsi fungsi manajemen
  1. Perencanaan (Planning)

Pada tahap ini, seorang Anda harus menentukan tujuan jangka pendek maupun jangka panjang yang ingin dicapai oleh perusahaan. 


    2.  Pengorganisasian (Organizing)

Pada tahap ini tugas Anda adalah membentuk tim/organisasi yang tepat untuk melaksanakan rencana yang telah dirumuskan. Tahap ini juga merupakan salah satu proses dari pengalokasian sumber daya, khususnya sumber daya manusia.


     3.  Pengarahan (Leading)

Ketika pekerjaan-pekerjaan sudah mulai dilakukan oleh tim, maka tugas Anda sebagai seorang manajer adalah untuk mengkomunikasikan visi dari perusahaan. Visi dapat diartikan sebagai pandangan yang jauh tentang akan menjadi seperti apa perusahaan di masa depan nanti.


      4.  Pengawasan (Controlling)

Tahap pengawasan ini adalah tahap dimana Anda mulai mengevaluasi bagaimana kinerja tim dalam mencapai tujuan serta target yang telah ditentukan di awal. 

  • Sikap
Sikap adalah pernyataan atau penilaian evaluatif tentang objek, orang, atau peristiwa
- komponen sikap
  1. Kognitif, contohnya : gaji saya rendah
  2. Afektif, contohnya : saya marah karena di gaji kecil
  3. Behavioral, contohnya : saya akan mencari pekerjaan lain.

- Disonansi kognitif
Ketidak sesuaian antara dua atau lebih sikap atau antara perilaku dan sikap

-kepuasan kerja 





Nama               : Dhita Aulia Rahmi
Nim                    2022010103011
Prodi.                  Mpi / class A



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Reviuw buku manajemen kinerja (Dhita Aulia Rahmi/2022010103011)